Cemilan Dari Mesir

Samosa Chicken Potato




Haloo Para Pembaca Blog...

Hari ini saya akan Share resep makanan ala ala Mesir gitu, hmm Susah gak sih bikinnya? Emang Bahan masakannya ada di indonesia? Eitts kenalan dulu nih sama Cemilan Mesir yang satu ini, SAMOSA/SAMBOSA.

Samosa adalah makanan yang memiliki sejarah perjalanan, dimulai dari Mesir lalu ke Cina hingga ke India. Samosa berasal dari Mesir lalu menjadi terkenal di India. Dalam bahasa Persia kata “Samsa” memiliki arti yaitu “Piramid”. Biasanya di Indonesia disebut dengan sambosa atau samosa. 
Kesempatan kali ini saya membuat 
"Samosa Chicken Potato" lembaran tipis kulit pangsit diisi dengan kentang, daging ayam, wortel, jagung, dan bawang bombay dengan bahan isian kuah kental dari perpaduan saus tiram dan lada putih. Hasil Akhir yang crunchy sangat cocok dengan saus sambal. 

Penasarankan dengan cara buatnya, Tenang bikinnya gak susah kok. Silahkan cek Resep dan Cara buatnya di bawah ini:  

Bahan: 
  1. 20 Lembar Kulit Pangsit siap pakai
  2. 1 L Minyak Goreng

Bahan Isian:
  1. 3 Kentang (potong dadu)
  2. 4 Bakso Sapi (Potong dadu)
  3. 2 Jagung Manis (dipipil)
  4. 2 Potong Dada Ayam tanpa tulang (potong dadu)
  5. 2 Sosis Ayam (Potong dadu)
  6. 1 Bawang Bombay (potong dadu)
  7. 4 Wortel ukuran sedang (potong dadu)
  8. 2 Bawang Putih (cincang halus)
  9. 250 ml Air
  10. 50 ml Saus Tiram (2 sachet)
  11. Garam dan lada Secukupnya
  12. 2 Sdm Minyak goreng untuk menumis





Cara Membuat:
  1. Pertama yang kita buat adalah Bahan isian Samosanya, Tuangkan 2 sdm minyak goreng ke dalam teflon ukuran sedang, masukkan Bawang putih yang sudah dicincang dan Bawang bombay, tumis hingga harum. Masukkan Kentang, wortel, jagung manis, tambahkan Air, tunggu 5 - 10 menit sambil di aduk (hingga empuk).
  2. Masukkan Bakso, Ayam, sosis, dan Saus Tiram, aduk rata, Tambahkan Garam dan Lada secukupnya. Masak Hingga Airnya asat/Mengental. Angkat dan sisihkan.
  3. Ambil 1 Lembar Kulit Pangsit, isi dengan bahan isian samosa sebanyak 2 sdm (sesuai selera). Satukan kedua sisi kulit pangsit hingga berbentuk segita (rekatkan kedua sisi dengan Air). Sisihkan. 
  4. Siapkan wajan untuk menggoreng tambahkan 1 L minyak Goreng, tunggu hingga panas, Masukkan Kulit samosa yg sudah diisi, Goreng samosa hingga coklat keemasan dengan api sedang. 
  5. Angkat dan Sajikan. 
Note: sesuai pengalaman saya, waktu itu saya membuat samosa dan menyusun samosa diatasa piring lalu saya simpan di kulkas, dan saat saya mau menggoreng, samosa menjadi lengket dan bentuk samosa menjadi hancur. jadi Sebaiknya Samosa yg sudah di isi, secepatnya harus segera di goreng.

Selamat Mencoba :) Kalau ada Pertanyaan Tentang Resep ini, Silahkan tinggalkan pertanyaan kalian, di kolom komentar. Terimakasih... 


Comments

Popular posts from this blog

Kreasi Roti Tawar

Quote Catatan Harian Aisha "Kalimat Ajaib Itu Adalah Cinta"

Kreasi Kerupuk